RSS

EDI

23 Jan

edi2Ada yang bilang episode-episode kehidupan yang dijalani seseorang mirip dengan potongan puzzle yang berserakan tampak tidak rapi dan tidak nyaman dipandang namun setelah disusun satu per satu potongan-potongan itu mulai menampakan bentuk yang diharapkan  walau kadang dalam menyusunnya kita harus mencari-cari dahulu dan bahkan kadang mengalami kecelakaan, misalnya bak puzzle tersebut kena senggolan tangan hingga apa yang telah kita susun tumpah dan menjadi potongan tak beraturan lagi. Namun dengan bekal ketekunan  akhirnya tampaklah sebuah karya indah yang bisa dinikmati.

Nah apa bisa ya mengibaratkan cerita hidup alumni yang satu ini seperti potongan puzzle tersebut….??

Berikut cerita dari kang Edi…

edie

Saya alumni Bina Siswa SMA Plus Cisarua angkatan VII…..awal cerita dimulai sejak saya lulus dari SMA Negeri 1 Cisarua yang berati dia juga mesti meninggalkan asrama Bina Siswa SMA Plus Cisarua. Bingung mesti ngapain…ga mungkin juga pulang ke desa (Indramayu) karena malah bisa merepotkan orang tua, yang terpikirkan kemudian adalah bagaimana bisa hidup mandiri setelah tidak mendapatkan bantuan Yayasan Darmaloka dan juga orang tua.

Keinginan kuliah sangat tinggi namun biaya tidak ada, untuk kuliah dengan beasiswa rasanya sedikit pesimis karena masih banyak teman-teman yang jauh lebih berprestasi peluangnya sangat kecil, akhirnya memutuskan untuk langsung bekerja saja.

Alhamdulillah dengan bekal pelajaran KBM Plus Komputer di Bina Siswa SMA Plus saya diterima menjadi teknisi/operator komputer di daerah Cimahi.

Bekerja di tempat itu tidak sampai satu tahun, saya berusaha mencari tempat kerja yang lebih sesuai dengan harapan. Namun akhirnya saya sempat terlunta-lunta di kota Bandung selama 3 bulan..numpang tinggal di rumah teman sampai tidur di pingir jalan pernah  saya alami. Untuk bisa makan pernah mencoba jadi pedagang asongan di bus kota Bandung dan terminal-terminal.

Sering saya rasakan keinginan untuk pulang ke rumah orang tua namun tidak punya uang untuk ongkos kesana. Namun alhamdulillah ketika bulan puasa datang rezeki juga datang akhirnya bisa pulang juga.

Tidak lama tinggal di rumah langsung kembali ke Bandung untuk melanjutkan perjuangan dan ketemu  teman-teman alumni yang seangkatan  untuk tukar pikiran. Setelah itu saya kebingungan lagi karena ga punya tempat tinggal untungnya ketemu kang Zain Al Muttaqin alumni angkatan V yang lagi kuliah di UNPAD Jatinagor, beliau mengajak tinggal sementara sampai dapat pekerjaan.

Alhamdulillah belum genap  satu minggu di sana, berbekal ilmu komputer yang didapatkan selama di asrama tentunya, saya langsung mendapatkan pekerjaan sebagai operator warnet. Nah selama di sana saya tidak tinggal diam, saya pikir inilah kesempatan untuk bisa mengembangkan ilmu komputer saya. Setelah 6 bulan kerja di warnet iseng-iseng mengajukan lamaran ke Family Education Center sebuah lembaga kursus komputer dan ternyata diterima jadi pengajar di sana.

Setelah itu timbul keberanian untuk membuka pelayanan service komputer dan mencoba memberikan layanan service ke warnet-warnet di Jatinangor termasuk instalasi jaringan dan lainnya.

Ternyata jadi penjaga warnet itu banyak memberikan tambahan ilmu komputer saya sampai saya bisa menguasai pemograman,  awalnya VisualBasic namun saat saya baca panduan HTML-Javascript pengarangnya menulis bahwa seorang programer harus bisa bahasa web server akhirnya saya lanjut mempelajari ASP, tapi semenjak windows banyak razia,  ASP makin kurang diminati dan dunia kerja juga kurang membutuhkan, akhirnya dengan menggunakan komputer teman, saya coba belajar Linux dan pemrograman PHP.

Selanjutnya saya mulai kerja jadi programmer di CV. Niftrasoft yang ada di Padasuka-Cicaheum. Project pertama yang saya kerjakan adalah membuat aplikasi isi pulsa handphone melalui web. Project tersbut sempat membuat saya stresss…karena ga tahu apa-apa tentang isi pulsa elektrik handphone. Saya tanya sana sini termasuk ke komunitas programmer ga dapat informasi apa-apa.

Akhirnya saya cari informasi via Google dan setelah hampir 2 minggu baru saya menemukan koding untuk isi plusa dari web  yang terhubung ke Telkomsel, Indosat dan lainnya…hingga software yang dibutuhkan selesai dikerjakan.

Ada sedikit ketidak cocokan saya dengan tempat kerja ini-berkaitan dengan hasil kerja saya, akhirnya saya langsung ambil tawaran kerja lain yang mengiming-imingi gaji 3 kali lebih besar dari gaji yang saya dapat.

Dikerjaan yang baru ini saya lebih sering mengerjakan program berbasis desktop (bukan web) nama perusahaannya Datasarana. Namun ternyata baru 7 bulan kerja disana, perusahaan terkena suatu masalah, saya akhirnya mengundurkan diri.

Saya sempat istirahat sekitar 1 bulan sebelum akhirnya mencoba buka usaha kerjasama dengan teman- salah satunya buka server pulsa elektrik, namun karena kurang pengalaman akhirnya usaha yang dikelola hampir rugi 10 jutaan.

Selanjutnya saya masukan lamaran ke Smart Consultan-Dago dan Solusi Pintar, dua-duanya diterima. Dengan mengatur waktu akhirnya saya bisa kerja di dua tempat tersebut, namun karena merasa cape akhirnya saya melepas kerjaan di Dago dan menetap di Solusi Pintar-Metro sebagai IT Consultant.

Alhamdulillah saya mulai menikmati pekerjaan ini. Salah satu project yang saya kerjakan baru-baru ini adalah website portal untuk salah satu dinas di departemen keuangan jakarta. Senangnya lagi di Depkeu tersebut saya bisa ketemu Tajudin, adik kelas saya alumni Bina Siswa SMA Plus, lulusan STAN asal Indramayu.

Ya.. cerita saya mungkin sampai sana dulu. Mudah-mudahan bisa jadi bahan pengalaman buat adik-adik di asrama. Kalian jangan berleha-leha di sana, giatlah belajar mengumpulkan bekal untuk menghadapi kehidupan sesungguhnya setelah kalian lulus dari SMAN 1 Cisarua dan harus meninggalkan asrama kita…. mudah-mudahan setelah lulus dari sana kalian bisa kuliah dan mendapat beasiswa seperti kebanykaan dari kakak-kakak kalian, namun jika tidak kalian siapkan mental, mungkin saja Allah memberikan jalan yang sedikit berliku.. namun yakinlah itu semua pastinya yang terbaik untuk kita.

Disamping kerja sekarang saya juga masih kuliah di Universitas Terbuka – jurusan Manajemen Ekonomi-semester 6.

Nah kalau ada yang mau kenal lebih jauh bisa kontak saya di

Akhir kata saya ucapkan terimakasih kepada pengurus dan pelaksana Bina Siswa SMA Plus Cisarua serta  kepada guru-guru di SMAN 1 Cisarua serta kepada teman teman seperjuangan Angkatan Tujuh alias “Rakyat Angkuh”.

Info 11/10/2010. Sekarang Kang Edi bekerja sebagai IT di Depdiknas pusat di jakarta.

 

 

 

 

 
2 Comments

Posted by on January 23, 2009 in H. KENAL ALUMNI

 

2 responses to “EDI

  1. sby

    March 9, 2009 at 2:57 am

    tetaplah sehat semua.
    saya pendukung kang edi ozawa sebagai presiden endonesa tahun 2050

    *yip yip horeee…

     
  2. damz3m0n

    September 25, 2012 at 3:34 am

    sedih baca cerita perjalanan hidupmu ed. terus berjuang, kesuksesan pasti diraih bagi orang-orang yg pantang menyerah (halah). suhartono karo kang sejen priwen kabare ed?

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: